Tuesday, October 5, 2010

Manfaat S.H.O.L.A.T secara M.E.D.I.S

SHALAT adalah amalan ibadah yang paling proporsional bagi anatomitubuhmanusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur(gerakankhas tubuh) seorang muslim. Namun, pernahkah terpikirkanmanfaatmasing-masing gerakan? Sudut pandang ilmiah menjadikan salatgudang obatbagi berbagai jenis penyakit!

Saat seorang hamba telah cukup syarat untuk mendirikan salat,sejakitulah ia mulai menelisik makna dan manfaatnya. Sebab salatditurunkanuntuk menyempurnakan fasilitasNya bagi kehidupan manusia.Setelahsekian tahun menjalankan salat, sampai di mana pemahamankita mengenainya?

TAKBIRATUL IHRAM
Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.Manfaat : Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening(limfe) dan kekuatan ototlengan. Posisi jantung di bawah otakmemungkinkan darah mengalir lancarke seluruh tubuh. Saat mengangkatkedua tangan, otot bahu meregangsehingga aliran darah kaya oksigenmenjadi lancar. Kemudian keduatangan didekapkan di depan perut ataudada bagian bawah. Sikap inimenghindarkan dari berbagai gangguanpersendian, khususnya pada tubuhbagian atas.

RUKUK
Postur: Rukuk yangsempurna ditandai tulang belakang yang lurussehingga bila diletakkansegelas air di atas punggung tersebut tak akantumpah. Posisi kepalalurus dengan tulang belakang.Manfaat: Postur inimenjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulangbelakang (corpusvertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf.Posisi jantungsejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal padatubuh bagiantengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasibagiotot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihankemihuntuk mencegah gangguan prostat.

I'TIDAL
Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.Manfaat: Ftidaladalah variasi postur setelah rukuk dan sebelumsujud. Gerak berdiribungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaanyang baik. Organorgan pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan danpelonggaransecara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

SUJUD
Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.Manfaat: Alirangetah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak.Posisi jantung di atasotak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalirmaksimal ke otak.Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang.Karena itu, lakukansujud dengan tuma'ninah, jangan tergesa gesa agardarah mencukupikapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkangangguan wasir.Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memilikimanfaat luar biasabagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

DUDUK
Postur: Duduk adadua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyatakhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.Manfaat: Saatiftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yangterhubung dengan syarafnervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkannyeri pada pangkal pahayang sering menyebabkan penderitanya tak mampuberjalan. Duduk tawarruksangat baik bagi pria sebab tumit menekanaliran kandung kemih(urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dansaluran vas deferens.Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegahimpotensi. Variasiposisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarrukmenyebabkan seluruh otottungkai turut meregang dan kemudian relakskembali. Gerak dan tekananharmonis inilah yang menjaga. kelenturan dankekuatan organ-organ gerakkita.

SALAM
Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.Manfaat: Relaksasiotot sekitar leher dan kepalamenyempurnakan aliran darah di kepala.Gerakan ini mencegah sakit kepaladan menjaga kekencangan kulit wajah.

Shalat yang sesuai dengan tuntuan Rasulullah tak hanya meningkatkanimandan taqwa kita, berbagai manfaat lainnya dapat pula kita rasakan.

PACU KECERDASAN
Gerakan sujud dalam salat tergolong unik. Falsafahnya adalahmanusiamenundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah daripantatnyasendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmumengenaikekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalamiProfSholeh, gerakan ini mengantar manusia pada derajatsetinggi-tingginya.Mengapa?

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah diotakterlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud,posisijantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalirmaksimalke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kayaoksigen yangmemacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yangtumakninah dankontinyu dapat memacu kecerdasan.

Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry , AS.Bahkanseorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnyamenyatakanmasuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangankhususmengenai gerakan sujud.

PERINDAH POSTUR
Gerakan-gerakan dalam salat mirip yoga atau peregangan (stretching).Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredarandarah.Keunggulan salat dibandingkan gerakan lainnya adalah salatmenggerakananggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan.

Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk ototdada.Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lenganhinggatelapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada,bagiantubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadilebihindah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susudidalamnya.

MUDAHKAN PERSALINAN
Masih dalam pose sujud, manfaat lain bisa dinikmati kaum hawa.Saatpinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada,otot-ototperut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus)berkontraksipenuh.Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebihdalamdan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinandibutuhkanpernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi.

Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat,makasecara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkantubuhdapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perutpadatempatnya kembali (fiksasi).

PERBAIKI KESUBURANSetelah sujud adalah gerakan duduk. Dalam salat ada dua macamsikapduduk, yaitu duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduktawarruk(tahiyyat akhir). Yang terpenting adalah turutberkontraksinyaotot-otot daerah perineum. Bagi wanita, inilah daerahpaling terlindungkarena terdapat tiga lubang, yaitu liangpersenggamaan, dubur untukmelepas kotoran, dan saluran kemih.

Saat duduk tawarruk, tumit kaki kiri harus menekan daerahperineum.Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dantumit kakikanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumitkaki kiriakan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembutinilah yangmemperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

AWET MUDA
Pada dasarnya, seluruh gerakan salat bertujuan meremajakan tubuh.Jikatubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagijikadilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapatsegeratergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil,tubuhsenantiasa bugar.

Gerakan terakhir, yaitu salam dan menengok ke kiri dan kananpunyapengaruh besar pada kencangan. kulit wajah. Gerakan ini takubahnyarelaksasi wajah dan leher. Yang tak kalah pentingnya, gerakaninimenghindarkan wanita dari serangan migrain dan sakit kepala lainnya.

Semoga kita selalu mendirikan sholat, dan memaknai Arti sholat yang sesungguhnya ^_^

No comments:

Post a Comment