Monday, October 25, 2010

RIBETNYA NGURUSIN PERNIKAHAN

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم



ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala, Rabb semesta alam.
Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam, keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang mengikuti beliau hingga akhir zaman.

Baru tahu kalo ngurus pernikahan tu seribet ini! Hhhhhh…sumpe deeeh…rasanyaaaa adaaaaa ajaaa hal yang harus diurusin. Meskipun belum sampe ke tahap nyetak undangan segala seeh, baru sampe pada –ribet mikir- . yups, nentuin tanggal pernikahan aja bingungnya setengah mampus! Gilee….aku kadang mikir, lha wong bikin pameran aja (pameran buku kek, pameran computer kek, pameran lowongan pekerjaan kek-job fair maksudnya…:P) mikir+persiapannya aja berbulan2…lha ini…event yang Cuma sekali seumur hidup, rasanya meski udah dipikirin berbulan2 pun, gak akan cukup waktu buat bilang “siap”. Pasti selaluuu aja ngrasa gak siap!

Yeah, hampir sebulan ini, aku jadi ikut2an pusing mikirin persiapan nikahannya Mbak-ku yang nomer 1 (bukan aku kok yang mau nikah…hahahahah, tenang sodara2!!!). dari mulai pertemuan keluarga, lamaran, nentuin tanggal, sampe pada hal2 konyol … deg2an lamaran, seharian ngomongin sang pangeran sampe nee telinga buthek ngedengernya, dicurhatin sepanjang malam, sampe ribet masalah paket perawatan tubuh!!! Dueerrrr!!! Rasanya mau meledeak. Ini aja bukan aku yang nikah, gimana kalo nanti pas giliranku ya?? Mungkin rasanya bakal lebih mengerikan dan horror!!!! HOROR sodara2!!!!!

Ada yang unik dari proses persiapan mbak-ku ini. Bayangpun, percaya gak percaya, entah ini sudah direkayasa atau nggak…..hanya butuh waktu 5 hari buat mbakku berkata “iya”. Jadi ceritanya, mbakku ini termasuk yang gak pernah pacaran (gak mau atau gak laku mbak?..MHuAhahahahah, piss mbak :D )…..sepulang dari studinya di jepang, pada satu hari Kamis, mbak ku dikenalin sama seorang laki2 di acara nikahannya sepupuku. Kamis ketemu, senin langsung dilamar…gileee beneeer!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Dan mereka berdua langsung mantap!!! Ck..ck.. ini benran mantap ato dikejar setoran ya??? Selidik punya selidik ternyata mbakku mau ngebongkar cerita juga seputar kemantapannya yang menurutku terlalu cepat. Katanya, 3 tahun yang lalu, beliau pernah mimpi ketemu laki2, tapi gak tau siapa dia. Ternyata ketika dikenalkan dengan calon suaminya yang sekarang, itu adalah laki2 yang sama persis dengan yang dilihat di mimpinya tiga tahun lalu. Gila ya??? Allah, memang Maha Keren….

Yeah..namanya juga baru pertama kali mau nikah, mana ada pengalaman! Tapi secara garis besar…mungkin ini bisa dijadiin ancer2 kalo the biggest event in our live itu udah di depan mata…:

1. mantap gak?
kemantapan adalah hal yang paling penting! Sangat2 penting. Aku yakin, apapun dalam hidup ini, ketika datang kemantapan, itu datangnya dari Allah. It means, Insya Allah, mantap itu adalah salah satu petunjuk Allah yang ditiupkan dalam hati hambanya dalam memilih sesuatu. Tapi, tentu saja mantap yang diiringi ilmu dan hati. Bukan sekedar mantap-mantapan. Itulah mengapa ada tuntunan untuk melaksanakan sholat istikharah.
Aku jadi paham sekarang, knapa ada orang yang proses perkenalan hingga ke pernikahan bisa terjadi dalam hitungan minggu, bahkan hari. Atau orang yang belum kenal sama sekali, tiba2 langsung mantap satu sama lain. Itu semua, memang jadi tanda-tanda kebesaran Allah…

2. tanggal ?
yeah..ini lebih penting lagi. Apalagi kalo kondisi keluarganya , adalah keluarga besar seperti keluarga saya. 10 bersuadara!!! Akan sangat susah menentukan waktu yang tepat. Tapi yakin deh, kalo dirembug dengan enak , pasti dpt tanggal yang pas. Meskipun harus milih tanggal susah payah!!!

3. persiapan teknis
yang ini aku gak gitu ngerti, hahahahaaaa…. tanya aja yang udah pada pengalaman ... yang pasti, jangan menyandarkan urusan teknis ini pada sang mempelai semata. Karna menjelang pernikahan, kedua calon ini lagi dimabuk2nya cinta. Tiba2 jadi melankolis, sentimental, gak rasional, dan berisik!!!!!! Gimana gak berisik kalo tiap hari curhat mlulu soal sang pangeran. Yang tadinya gak suka lagu mellow tiba2 jadi mellow berat!!! Yang tadinya hemat pulsa, sekarang jadi sering minta pulsaku buat sms, gara2 metabolisme pulsa dalam hapenya terlalu lancar alias boros! Yang tadinya mandinya cuman 5 menit, sekrang jadi setengah jam, karna pake konser segala di kamar mandi, kalo tadinya cuman satu lagu, sekarang jadi satu album “love song”. Atau tiap hari ribet ngaca ngliat wajah adaaa aja yang kurang..”deuuh fi, kok ada flek hitam neh..” “ deuh kok ada jerawat,…aduuuh..rambutku jadi rontok…..waaa….dunia kiamaat!!!”
qiqiqi,...61x.

Mazz adeeth minta maaf apabila terdapat kekurangan/kesalahan dalam penulisan ini, karena dangkalnya pengetahuan dalam mendalami Islam sebagai agama yang dicintai. Semua hanya berpulang kepada niat baik dan didasari hati yang ikhlas, tulus, serta niat ingin berbagi.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Smoga bermanfaat.
Amieeeen,...61x.

وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات


Mazz Adeeth ألفقير


CIREBON, Minggu 31 Januari 2010

No comments:

Post a Comment